Selamat Datang di Blog SD Negeri Puncakmanggu - Kalibunder

Minggu, 20 Desember 2015

Pengertian Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator

Di Kurikulum 2013 pasti sudah mengenal dengan apa itu Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator. Tapi mungkin saja ada yang belum tahu pengertiannya.


  1. Kompetensi Inti adalah tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki oleh peserta didik pada setiap tingkat, kelas atau program.
  2. Kompetensi dasar adalah kemampuan untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh oleh peserta didik melalui pembelajaran. Kompetensi Dasar adalah konten atau kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai peserta didik. Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran
  3. Indikator adalah perilaku yang dapat diukur dan/atau di observasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran yang mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan

Kita harus mempelajari kurikulum 2013, karna pendidikan itu harus maju bukan mundur, dan di Tahun Pelajaran 2016/2017 kemungkinan besar semua sekolah akan menggunakan Kurikulum Nasional yang notabene sama dengan kerangka kurikulum 2013.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar